Sunday 28 July 2013

Arsenal Asia Tour 2013


        Arsenal Football Club merupakan tim sepakbola Liga Primer Inggris yang bermarkas di Holloway, London. Merupakan salah satu klub Inggris tersukses, yang telah memenangkan 13 Piala Divisi satu dan Liga Primer dan juga 10 gelar Piala FA. Tahun ini The Gunners mengunjungi Indonesia dibulan Juli. Pada pertandingan kali ini untuk memperingati kembalinya klub ini ke Asia mengikuti dua kali tur awal musim dalam dua tahun terakhir. Ini pertama kalinya klub ini mengunjungi Indonesia sejak tahun 1983. Pada tahun pertama Arsenal datang ke Indonesia, mereka melawan beberapa tim lokal dari Medan, Jakarta dan Surabaya. Lebih menggejutkannya mereka kalah dari Niac Mitra Surabaya yang di gelar di stadion Tambaksari Surabaya.

Selain menggunjungi Indonesia, Arsenal juga ke beberapa negara di Asia mulai dari Vietnam dan kemudian berakhir di Jepang dengan menghadapi dua klub lokal yaitu Nagoya Grampus dan Urawa Reds. Tour pramusim Arsenal kali ini juga bertujuan untuk menambah pengalaman para pemain muda yang dibawa oleh sang pelatih Arsene Wenger. 


Terdapat beberapa pemain muda yang dapat diperhitungan antara lain yang menyita perhatian publik adalah Chuba Akpom dan Gedion Zelalem. Keduanya bermain atraktif selama melakoni laga tour ke asia ini walaupun belum genap 18 tahun malah zelalem baru berumur 16 tahun. Akpom sendiri dalam dua laga awal menghadapi Indonesia Dream team dan Vietnam berhasil mendulang tiga gol belum lagi ditambah gol terakhir ke gawang Urawa reds. 

Berbeda dengan Akpom, Zelalem tak berhasil mencetak gol. Namun, dia memesona dengan penguasaan bola dan umpan-umpan terukurnya. Dalam beberapa kesempatan, pemain yang memiliki darah Ethiopia dan berpaspor Jerman itu sanggup melepaskan beberapa key pass. Dengan berakhirnya laga Arsenal vs Urawa Reds dengan skor 1-2, Klub asal London itu mengakhiri tour pramusim 2013 nya di Asia dengan menyapu bersih semua laga dengan sempurna dimulai saat melawan Indonesia dengan skor 0-7 kemudian dilanjutkan lawan Vietnam 1-7, Nagoya Grampus 1-3.