Sunday 19 February 2012

HIGHBURY CLOCK


       Banyak kenangan ditinggalkan para pengemar fanatik arsenal saat memutuskan pindah dari stadion highbury ke stadion emirates pada juli 2006 lalu.
       Stadion yang dihuni arsenal sudah lama dituding sebagai stadion yang tak memiliki "jiwa",apalagi sejarah klub.struktur bangunannya dianggap tak mencerminkan identitas klub.pun jarak tempat duduk yang terlalu jauh dengan lapangan ,membuat penonton kesulitan "meneror" lawan dengan chants mereka.
      Karenanya, sejak agustus tahun lalu.manajemen klub memulai proyek arsenalisation. proyek ini berencana mengubah seluruh stadion supaya penonton lebih merasa berada di "rumah" ketika berada di emirates.
      Diantara rencana perubahan itu,salah satunya adalah proyek pemindahan highbury clock yang sangat familiar dimata pengemar fanatik arsenal.Jam yang sudah dipasang sejak awal1930-an itu pindah guna menambah "jiwa" Highbury di stadion emirates.
     Highbury clock dipasang distadion highbury pada awal musim 1930-31 berdasar keputusan manager herbert chapman.Awalnya FA menentang dan menganggap jam tersebut akan memengaruhi kekuasaan wasit dilapangan.Tapi Chapman tetap memasang jam tersebut.
     Sebenarnya jam ini awalnya dipasang untuk menghitung waktu pertandingan selama 2x45 menit.Tapi untuk yang satu ini, FA benar-benar keberatan.Mereka tak ingin kekuasaan wasit terpengaruhi hal apapun. Akhirnya,jam ini hanya menunjukan waktu normal seperti jam lainnya.