Wednesday 30 January 2013

In ARSENE we trust (Wawancara)

       

      Arsenal tetap menyatakan eskpetasi tinggi terhadap pelatih Arsene Wenger meski The Gunners kini tengah dilanda krisis gelar. Pria asal Perancis itu dinilai sebagai sosok pelatih yang tepat untuk mengarsiteki Theo Walcott dan kawan-kawan dalam beberapa musim ke depan.

      Sejak meraih gelar Piala FA pada 2005 silam, Arsenal hingga saat ini belum pernah mencicipi satu gelar pun. Masalah itu belum lagi ditambah dengan banyaknya para pemain bintang yang hengkang dan juga krisis finansial yang melanda tim asal Kota London tersebut.

 
      Berikut petikan wawancara Kompas.com dengan Direktur Komersial Arsenal, Tom Fox, di sela-sela kunjungannya di Jakarta untuk menyiapkan tur pramusim di Indonesia, 13-14 Juli mendatang.


Bagaimana tanggapan Anda soal puasa gelar Arsenal?

  • Pertama-tama, yang terpenting bagi klub sepak bola adalah menang. Di Arsenal yang penting adalah bertanding dan menang. Ketika kami tidak menang, tentu kami sangat kecewa, terlebih lagi kami mengecewakan fans kami. Kami percaya bahwa sekarang kami sedang ada pada masa yang sangat gemilang, kami memiliki banyak sponsor yang bisa mendukung dan kami percaya pada pelatih untuk dapat membawa tim ini ke level yang tertinggi dalam setiap pertandingan. Selama 15-16 tahun Wenger menjabat sebagai manajer Beliau akan membawa kami ke level tertinggi yang pernah kami capai, itu ekspektasi kami dan kami akan terus melanjutkannya.
 
Bagaimana dengan dukungan klub kepada Wenger?
  • Kami terus mendukung Arsene Wenger. Arsene Wenger menyumbang banyak sekali gaya pertandingan pada Arsenal, selama 16 musim terakhir ini, dia telah membangun tim kami. Wenger sangat efisien dalam pengeluaran dibanding dengan tim lain. Dia telah menjadi pelatih selama 16 tahun, hal itu sangat sulit untuk dilakukan. Dan sekarang kami telah mendapat sponsor yang akan mendukung langkah kami untuk membangun stadion, dan kami tidak percaya ada orang lain yang bisa mengatur keuangan kami sebaik Arsene Wenger.
 
Soal kontraknya?
  • Kontrak Arsene memang hanya tinggal satu tahun lagi, tapi ia tetap mendapat dukungan dari seluruh pemain dalam manajemennya selama 16 tahun ini. Dan saya percaya bahwa ia dapat melanjutkan dengan baik untuk ke depannya, seperti yang telah kami lakukan sekarang dalam hal komersial, dan dalam hal kontrol keuangan, dalam menyambut Liga Champions dan Premier League.

Kenapa Arsenal sering menjual pemain bintangnya?

  • Sejujurnya saya tidak bisa mengomentari hal itu. Tugas saya adalah mendatangkan pendapatan sebanyak mungkin, dan saya akan melaporkannya pada manajer, jadi dia bisa mengolah keuntungan dari penerimaan tersebut untuk mengembangkan tim. Jika Anda bertanya kepada saya mengapa banyak pemain yang datang dan pergi, saya tidak bisa menjawabnya, karena saya tidak memiliki kapasitas mengomentari hal tersebut. Hal itu biasa terjadi di dunia sepakbola. Namun, saya percaya Arsene dapat mengembangkan tim agar lebih sukses.
 
Dengan kondisi itu, bagaimana peluang juara Arsenal musim ini?
  • Kami tetap berada dalam zona Liga Champions, kami sedang menuju babak kelima setelah mengalahkan Brighton di Piala FA. Jika dihitung, jarak poin kami memang masih jauh dengan Manchester United, tapi para pemain selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk tim agar bisa meraih hasil maksimal musim ini.
 
Untuk musim-musim berikutnya?
  • Target kami adalah berusaha untuk selalu menang. Setiap musim kami ingin menang, setiap kejuaraan kami ingin menang pada Premier League, Liga Champions, Piala Liga, dan Piala FA. Itulah ambisi kami. Dan, kami akan mengecewakan banyak pihak jika kami tidak menang. Kemenangan adalah yang sesuatu yang sangat penting bagi kami.