Saturday 19 July 2014

Welcome to Arsenal Alexis Sanchez dan Mattieu Debuchy


     Arsenal memulai langkah dibursa transfer musim panas 2014 secara elegan. Seakan tak mau basa-basi, The Gunners langsung mendatangkan marquee player, Alexis Sanchez, dengan mahar 35 Juta pounds (Rp 701,7 Milliar). Pembelian ini cukup mengejutkan  bagi para Gooner karena tidak ada gelegat Arsenal akan menggaet pemain asal Chile tersebut. Selain itu Alexis Sanchez santer dikabarkan akan berlabuh ke Liverpool sebagai bagian dari transfer Suarez ke Barcelona.

Tim-tim elite Premier league lain patut mewaspadai aksi The Gunners. Mereka tak pernak absen mendatangkan pemain bintang di tiga musim terakhir ini mulai dari Santi Cazorla (2012), Mesut Ozil (2013) dan yang terbaru Alexis Sanchez (2014). Bahkan, Sanachez bukan pemain bintang terakhir pada transfer musim ini yang akan dibeli untuk memperkuat pasukan wenger tersebut. Karena banyak rumor yang menyangkutkan beberapa bintang dengan Arsenal.

Sikap ambisius manajemen yang mau menggelontorkan puluhan juta pounds di bursa Transfer membuat pemain bintang kini tak ragu lagi untuk bergabung dengan klub asal London utara tersebut.


"Manajemen sudah melakukan langkah tepat. Mendatangkan Sanchez adalah sinyal bagus. Kini dunia akan tahu bahwa Arsenal adalah klub ambisius dan siap menjadi yang terbaik," tegas manajer The Gunners, Arsene Wenger.


Sanchez juga akan memberikan efek positif diruang ganti. Sebagai pemain bintang, dia akan menularkan mentalitas juara yang dibawa dari Barcelona. Dari sisi teknis sendiri, keberadaan Sanchez akan menambah kedalaman skuad bagi pasukan asuhan Wenger untuk lebih memperbanyak variasi taktik.


Pada musim lalu, The Gunners tak punya banyak opsi di sektor depan. Ketika Theo Walcott dan Lukas Podolski absen, Wenger seolah sulit dalam menentukan Starting line up serta taktik sebelum pertandingan. Problem itu sempat dikeluhkan striker Olivier Giroud.

"Klub harus menambah pemain depan. Pasalnya Arsenal tak memiliki banyak pilihan saat Walcott dan Lukas Podolski absen. Saat tugas kedua pemain digantikan oleh pemain bertipe gelandang, sistem permainan menjadi kacau. aku seolah terisolasi dipertahanan lawan," keluh Giroud.

Keberadaan Sanchez bisa menyelesaikan problem di lini depan tersebut. Dia bisa mengisi posisi apapun di lini serang. Jika Wenger ingin bemain dengan dua striker, Sanchez bisa ditempatkan sebagai inside forward dibelakang Giroud. Tugas ini pernah dilakoninya secara sempurna ketika memperkuat Cile di Piala Dunia 2014.

"Sanchez adalah tipe pesepak bola modern. Dia bisa dimainkan pada banyak posisi. Hebatnya, kualita Sanchez tak berkurang saat dimainkan di posisi manapun," ujar Wenger.



Di samping pembelian Alexis Sanchez dari Barcelona, Arsenal juga sudah mengamankan tanda tangan bek kanan Newcastle United Mattieu Debuchy untuk menggantikan Bacary Sagna yang pergi berlabuh ke Man. City. Dengan mahar 10,5 juta pounds, Arsenal mendapatkan bek berkewarganegaraan Prancis tersebut dengan durasi kontrak 5 musim kedepan. Alexis Sanchez di Arsenal akan memakai nomor punggung 17 yang sebelumnya dipakai oleh Nacho Monreal, sedangkan Mattieu Debuchy menggunakan nomor punggung 2.