Friday 13 April 2012

DERBY THE NORTH LONDON

ARSENAL FC VS TOTTENHAM HOTSPUR



 
Derby the north london ini adalah derby yang paling panas di London bahkan salah satu derby terpanas didaratan Inggris setara dengan derby merseyside derby .Perseteruan kedua klub sendiri sudah berakar sangat dalam, tertanam sejak 1913. Berawal dari angan-angan Chairman Woolwich, Arsenal, Henry Norris, untuk membentuk sebuah klub raksasa di London. Dia lantas berniat menggabungkan klubnya yang berada di London Selatan dengan Fulham yang terletak di London Barat, namun upaya itu di tentang Footbal League.

Merasa terhalang, Norris lantas membuat putusan berani dengan melepas Fulham dan berkonsentrasi penuh kepada Woolwich Arsenal. Dia bahkan lantas mengalihkan markas klub itu ke Highbury yang terletak di London Utara. Perpindahan inilah yang menyulut rivalitas dengan Tottenham. Maklum, Highbury hanya 5 km  dari kandang Tottenham dan 3,2 km dari markas Clapton Orient. Ibaratnya, Arsenal menghalangi jalan kedua klub.

Merasa terusik, Tottenham dan Clapton mengajukan protes, tapi Football League tak menggubrisnya. Benih-benih kebencian para suporter Tottenham pun mulai muncul dan makin subur enam tahun kemudian. Ketika pada 1915 kompetisi terhenti akibat pecahnya Perang Dunia I, Chelsea dan Tottenham berada di posisi dua terbawah di Divisi I sementara Arsenal berada di peringkat  keenam Divisi II.


Saat kompetisi akan di putar kembali pada 1919, Football League berniat menambah jumlah klub Divisi . opsinya tentu saja dengan tidak mendegradasi klub Divisi I dan mempromosikan dua tim dari Divisi II. Namun, Sir Henry Norris punya ide berbeda. Dia mengadakan rapat rahasia dengan Football League pada Maret 1919 yang hasilnya memutuskan Arsenal promosi di Divisi I sedangkan Tottenham terdegradasi.
Inilah yang menyulut kemarahan. Tindakan Norris ditengarai sengaja untuk menggeser dominasi Tottenham di Londong Utara. Tak heran kalau mereka bersuka-cita saat Sir Henry dikenai sanksi seumur hidup oleh FA pada 1929 karena berkali-kali melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku dan pembayaran ilegal terhadap pemain.
Sejarah kemudia mencatat banyak kejadian yang mewarnai pertemuan kedua klub ini. Setiap kali ada kasus yang melibatkan pemain dan manajer Arsenal, para suporter Tottenham akan membuat ejekan, demikian pula sebaliknya. Di tengah seretnya prestasi The Spurs, setiap titik nilai yang ada di kubu Arsenal akan menjadi senjata ampuh bagi para suporter Tottenham guna menyerang  kubu seteru abadi. 


1 comment

14 April 2012 at 00:20

derby terpanas

Post a Comment