Friday 21 December 2012

Perpanjangan Kontrak Emirates di Arsenal FC


     Performa tim yang sangat tak stabil sepanjang musim ini membuat para fans Arsenal harus kerap mengurut dada. Bayang-bayang kegagalan meraih trofi kian jelas terpampang di pelupuk mata. Dibalik kesuraman itu, sebuah prestasi spesial dicatatkan The Gunners pada 23 November silam. Di stadion Emirates, dilakukan penandatanganan perpanjangan kontrak dengan sponsor utama, Emirates. Nilainya 150 juta pounds.
     Berdasarkan kesepakatan baru itu, logo Emirates akan terpampang hingga 2018-2019. Sementara stadion yang menjadi markas Arsenal akan tetap bernama Stadion Emirates hingga 2028. "Emirates adalah partner sempurna bagi Arsenal dan kami senang atas kesepakatan baru ini. Emirates adalah brand kelas dunia.
      Dengan penerbangan ke 120 tujuan, mereka punya jangkauan global. Jangkauan ini sangat berperan dalam ambisi kami menancapkan kuku di seluruh penjuru dunia," jelas Ivan Gazidis, Chief Executive Arsenal. Tak dijelaskan secara rinci nilai shirt sponsorship dan stadium sponsorship dalam perpanjangan kontrak itu. Namun, jelas ada kenaikan. Pasalnya, kesepakatan sebelumnya pada 2004 hanya bernilai 90 juta pounds untuk jangka waktu 15 tahun per 2006. Rinciannya, stadium sponsoopship hingga 2021 senilai 2,8 juta pounds per tahun dan shirt sponsorship mulai 2006-07 hingga 2013-14 dengan total 48 juta pounds.

MINIM PRESTASI

      
      Terlepas dari itu, kesepakatan sebesar 30 juta pounds per musim adalah rekor tersendiri bagi Arsenal. Bayangkan saja, saat pertama kali memperoleh sponsor pada 1981, mereka hanya meraup 20 juta pounds untuk masa kontrak 18 tahun! Itu juga melewati deal barcelona dengan Qatar Foundation yang hany a25 juta pounds per musim.
       Satu hal yang meresahkan bagi para fans Arsenal adalah fakta bahwa era nirtrofi terjadi sejak Emirates menjadi sponsor utama. Sebelumnya, kesuksesan besar diraih saat bekerja sama dengan tiga sponsor terdahulu.
     Fakta itu pula yang membuat para fans The Gunners tak terlalu antusias menyambut perpanjangan kontrak dengan Emirates. Di mata mereka, kesepakatan itu hanya mempertegas orientasi bisnis klub. Padahal, para fans sangat merindukan prestasi. Harapan mereka kini, uang dari deal dengan Emirates diinvestasilan kepada tim.