Saturday 2 February 2013

Kegagalan Transfer Wenger

     Kita ketahui Arsene Wenger (The Professor) sangat handal dalam menemukan bakat-bakat terpendam pemain muda. Namun, layaknya seorang manusia biasa, pria asal Prancis itu juga pernah mengalami 'ketidakberuntungan' dalam membeli pemain muda berbakat. Kasus terakhir yang terkuak adalah kegagalan Wenger dalam merekrut Zlatan Ibrahimovic kala muda. Tetapi kekeliruan pelatih berusia 63 tahun itu bukan hanya Ibra, bahkan ada 7 pemain yang saat ini berstatus bintang. Penasaran? 
8. Petr Cech
      Kiper Timnas Republik Ceko ini selangkah lagi bergabung dengan Arsenal pada tahun 2002. Kesepakatan dengan Sparta Praha juga telah usai. Namun, kepindahan Petr Cech ke Highbury mengalami kendala ijin kerja.
       Melihat hal itu, Wenger mengajak diskusi para direktur dan akhirnya memutuskan untuk membatalkan proses transfer. Pria berusia 63 tahun itu merasa Cech tidak perlu diperjuangkan. Mengetahui kesepakatan transfer telah batal, Cech akhirnya memilih bergabung dengan Rennes, dan karirnya terbilang sukses.
     Hal ini menarik minat Chelsea, da membelinya di tahun 2004. Saat ini, Cech termasuk dalam 5 besar kiper terbaik dunia.

7. Claude Makelele
     Pada tahun 1996, Arsenal tengah mengejar Patrick Vieira yang kala itu masih bermain untuk AC Milan. Namun, pada waktu itu juga, klub Nantes memberikan tawaran kepada Wenger untuk Claude Makelele.
    Pelatih berusia 63 tahun itu sebenarnya tertarik dengan talenta yang dimiliki Makelele, tetapi ia juga berada di tengah-tengah kebimbangan dengan situasi gambling yang dihadapinya. Ketika Milan belum memberikan respon kepada The Gunners, The Professor akhirnya mengalihkan perhatian kepada Makelele. Setelah proses negosiasi hampir rampung, Rossoneri menjawab permintaan Wenger dan setuju menjualnya ke Arsenal. Ia pun akhirnya memutuskan negosiasi dengan Nantes, dan memilih membeli Vieira, daripada Makelele yang sukses memberikan gelar Liga Champions untuk Real Madrid di tahun 2002.

6. Samuel Eto'o
      Kala masih membela Real Mallorca di 2004, Samuel Eto'o adalah top skor di La Liga pada masa itu. Mallorca yang dilanda krisis finansial, akhirnya memutuskan untuk menjual penyerang Timnas kamerun tersebut. Pada Juli 2004, Mallorca akhirnya menawarkan sang pemain ke Arsenal dengan nilai transfer £10 juta pounds.
   Wenger sendiri sebenarnya tertarik dengan Eto'o, hingga akhirnya ia menemukan salah satu perilaku negatif dari Eto'o muda. Wenger akhirnya memutuskan untuk tidak membelinya, dan sang agen menawarkan ke klub raksasa Spanyol, Barcelona FC. Blaugrana tertarik dan menerima tawaran dari Mallorca. Selama di Nou Camp, Eto'o memberikan 8 gelar untuk tim Catalan tersebut, 2 diantaranya Liga Champions.

5. Juan Mata
    Pada musim panas tahun 2011, Arsenal baru saja ditinggalkan sang pemain bintang, Cesc Fabregas. Berniat mencari penggantinya, Wenger menemukan figur Juan Mata sebagai pengganti yang tepat. The Gunners dan Valencia telah melakukan negosiasi. Namun, Wenger menilai proposal sebesar £24 juta yang diminta Valencia terlalu mahal. Ia pun enggan melanjutkan negosiasi dengan El Che, dan akhirnya Chelsea yang berhasil mendapatkannya, serta memberikan gelar Liga Champions bagi The Blues di tahun 2012.

4. Yaya Toure
    Arsenal mendapatkan rekomendasi dari Kolo Toure (bukan berniat nepotisme ya, tapi emang bertalenta) untuk membeli sang adik, Yaya Toure di tahun 2004 silam. Rekomendasi dari Kolo sempat di acc oleh Wenger, dan Yaya sempat bermain untuk Arsenal U-19 untuk beberapa saat. Namun, ijin kerja menjadi kendala terbesar Wenger untuk mempertimbangkan perekrutannya. Ia pun akhirnya melepas Yaya yang akhirnya bergabung dengan Olympiakos. Yaya Toure sekarang bahkan mampu melepas dahaga Manchester City meraih gelar Premier League. Ada apa dengan Wenger dan work-permit?

3. Didier Drogba
    Arsenal sebenarnya memiliki kesempatan untuk mendapatkan Didier Drogba senilai £100.000 pound SAJA, saat ia masih membela klub Prancis, Le Mans. Kala itu, Wenger berpendapat bahwa timnya tidak lagi membutuhkan seorang penyerang, meski harganya termasuk SANGAT MURAH. Selain itu, ia juga sempat berkata kepada media "Kami sudah memiliki Thierry Henry,".
2. Zlatan Ibrahimovic
     Pada usia 19 tahun, Zlatan Ibrahimovic hampir saja mendarat ke Highbury (stadion Arsenal kala itu) di tahun 2000. Malmo FF menawarkan proposal kepada Wenger senilai £3 juta, namun ia meminta sang pemain untuk melakukan trial terlebih dahulu. Kesepakatan antara kedua belah pihak sebenarnya hampir usai. Sayangnya, pihak ketiga Ibra muda enggan melakukan trial dan akhirnya memilih Ajax Amsterdam sebagai pelabuhan karirnya.

 
 
 
1. Cristiano Ronaldo
     Cerita ini berawal ketika Cristiano Ronaldo muda datang ke London Utara dan telah mengenakan jersey resmi Arsenal bertuliskan namanya, hasil pemberian dari Wenger. Kedua pihak (The Gunners dan Sporting Lisbon) hampir sepakat dengan dana senilai £4 juta saja untuk CR7. Kemudian, ketika Lisbon mengadakan pertandingan persahabatan melawan Manchester United, untuk peresmian stadion baru. Ronaldo bermain apik di pertandingan itu, sehingga membuat Sir Alex Ferguson langsung memberikan tawaran £11 juta kepada Lisbon. Lisbon telah menghubungi Arsenal terlebih dahulu mengenai berita tersebut. Hal ini bermaksud untuk membuka negosiasi baru dengan pihak Meriam London. Namun, Wenger akhirnya melepas Ronaldo, dan membiarkan ia bergabung dengan United. Sebelum akhirnya terpilih menjadi pemain terbaik dunia di tahun 2008.
Sumber : Bola.net